PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA BISNIS UMKM SKINCARE ARLOVA

Authors

  • Ni Wayan Fitriana Ayu Universitas Catur Insan Cendekia
  • Amroni Amroni Universitas Catur Insan Cendekia
  • Linda Norhan Universitas Catur Insan Cendekia
  • Turini Turini Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ramdan Nurjati Universitas Catur Insan Cendekia

Keywords:

Pelatihan, Strategi, Digital, Marketing

Abstract

Teknologi saat ini terus berkembang dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM) dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya khususnya pada era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan penelitian ini secara umum mendeskripsikan dampak digital marketing terhadap volume penjualan bagi pelaku UMK di kota Cirebon. Penelitian ini berjenis kualitatif, dengan menggunakan model triangulasi, yang menggabungkan metode wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi terhadap pelaku UMKM yang terdaftar aktif di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar – Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kota. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian diketahui bahwa digital marketing memudahkan pelaku UMKM untuk memberikan informasi dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen, memperluas pangsa pasar, meningkatkan awareness dan meningkatkan penjualan bagi pelaku UKM Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak  bisa  dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Fitriana Ayu, N. W., Amroni, A., Norhan, L., Turini, T., & Nurjati, R. (2023). PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL PADA BISNIS UMKM SKINCARE ARLOVA. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(3). Retrieved from https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/68

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>