KEGIATAN SOSIAL PEMBERDAYAAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS DALAM PENINGKATAN LIFE SKILL MELALUI AKUAPONIK
Keywords:
Akuaponik, Penyandang Disabilitas, Life Skill, PemberdayaanAbstract
Anak penyandang disabilitas merupakan bagian dari keberagaman, namun adanya permasalahan seperti kurangnya pembentukan karakter anak, belum optimal dalam mengembangkan potensi serta terbatasnya keterampilan dan kemandirian anak disabilitas. Sehingga tim PKM Universitas Catur Insan Cendekia bersama Griya Karya Harapanku memberikan suatu kegiatan pendampingan melalui penerapan sistem akuaponik dalam rangka pemberdayaan anak disabilitas dalam meningkatkan life skill dari anak-anak disabilitas di Griya Karya Harapanku Indonesia. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini antara lain: (1) memberikan penyuluhan dan sosialisasi terkait sistem akuaponik, (2) perakitan akuaponik, (3) pelatihan terkait penyemaian dan perawatan akuaponik, dan (4) monitoring perkembangan akuponik. Hasil dari pengabdian ini yaitu anak-anak disabilitas yang menjadi peserta selama proses pengabdian telah memperoleh pengetahuan terkait sistem akuaponik. Anak-anak secara rutin melakukan perawatan seperti menyemprot sayuran hidroponik, memberi makan ikan lele hingga membersihkan kotoran ikan didasar kolam. Pendampingan dilakukan untuk melatih kemandirian dan tanggungjawab dari anak-anak disabilitas dalam perawatan akuaponik serta menjadi keterampilan kejuruan bagi mereka yang apabila akuaponik terus dikembangkan akan menjadi sumber penghasilan bagi anak-anak disabilitas khususnya yang tinggal di asrama. Pengabdian ini telah mencapai hasil yang diharapkan dan keberlanjutan program ini terus dilakukan dengan pola monitoring.