Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar melalui 'Games Edukasi' di Rumah Belajar YKBS Cirebon
Keywords:
Keywords: interest, motivation, learning, educational games, learning house.Abstract
Kreativitas tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran. Saat masa pandemi covid-19 dalam sistem pendidikan modern, fungsi tenaga pengajar sebagai penyampai pesan pendidikan perlu dibantu dengan media pembelajaran, seperti halnya games pembelajaran atau game edukasi. Tujuan kegiatan pengabdan kepada masyarakat ini adalah intuk meningkatkan minat dan motivasi belajar para peserta didik di rumah belajar Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Kota Cirebon. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan survey kebutuhan para peserta didik, rencana kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan respon positif dari para peserta kegiatan pembelajaran “game edukasi”. Dibutuhkan peran orang tua / wali dan akademisi dalam rangka meningkatkan minat dan motivasi belajar khususnya anak-anak Sekolah Dasar.
