Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar melalui 'Games Edukasi' di Rumah Belajar YKBS Cirebon

Authors

  • Suwandi Suwandi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ilwan Syafrinal Universitas Catur insan Cendekia
  • Widya Jati Lestari Universitas Catur insan Cendekia
  • Turini Turini Universitas Catur insan Cendekia

Keywords:

Keywords: interest, motivation, learning, educational games, learning house.

Abstract

Kreativitas tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah metode mengajar dan penggunaan media pembelajaran. Saat masa pandemi covid-19 dalam sistem pendidikan modern, fungsi tenaga pengajar sebagai penyampai pesan pendidikan perlu dibantu dengan media pembelajaran, seperti halnya games pembelajaran atau game edukasi. Tujuan kegiatan pengabdan kepada masyarakat ini adalah intuk meningkatkan minat dan motivasi belajar para peserta didik di rumah belajar Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Kota Cirebon. Metode pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan survey kebutuhan para peserta didik, rencana kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini dapat memberikan respon positif dari para peserta kegiatan pembelajaran “game edukasi”. Dibutuhkan peran orang tua / wali dan akademisi dalam rangka meningkatkan minat dan motivasi belajar khususnya anak-anak Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Suwandi, S., Syafrinal, I., Jati Lestari, W., & Turini, T. (2022). Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar melalui ’Games Edukasi’ di Rumah Belajar YKBS Cirebon. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(1), 51–58. Retrieved from https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/5

Most read articles by the same author(s)