Sosialisasi Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran, Penyeleksian Calon Pasien dan Proses Pencatatan Pembuatan Alat Bantu, Ortotik dan Prostetik untuk Pasien Difabel di Yayasan Harapanku Cirebon

Authors

  • Ridho Taufiq Subagio Universitas Catur Insan Cendekia
  • Kusnadi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Petrus Sokibi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Rifqi Fahrudin Universitas Catur Insan Cendekia
  • Amroni Universitas Catur Insan Cendekia
  • Ahmad Nurohim Universitas Catur Insan Cendekia

Keywords:

Sistem Informasi, Difabel, Ortotik, Prostetik

Abstract

Yayasan Harapanku adalah sebuah organisasi non profit  yang bergerak  untuk membantu masyarakat difabel dengan alat bantu, ortotik, dan prostetik. Mengingat Yayasan Harapanku merupakan organisasi sosial, maka diperlukan kemudahan untuk mendapatkan informasi berbagai kegiatan yang akan dilakukan ataupun yang sudah dilakukan. Namun sulitnya mendapatkan informasi mengenai Yayasan Harapanku di jaringan internet dan khususnya bagaimana jika calon pasien ingin mendaftar menjadi pasien masih sangat sulit dikarenakan website yang dimiliki yang sudah tidak bisa lagi diakses. Oleh karena itu untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai Yayasan Harapanku melalui jaringan internet maka diperlukan sebuah website untuk mengatasi semua masalah tersebut.

Yayasan Harapanku juga mengalami permasalahan  dalam  proses pencatatan data pasien yang masih dilakukan secara manual. Pencatatan yang dilakukan secara manual memungkinkan terjadinya kesulitan dan memakan waktu yang lebih lama dalam mencari riwayat data pasien yang sebelumnya pernah ditangani untuk pembuatan alat bantu (Ortotik dan Prostetik). Oleh karena itu juga Yayasan Harapanku membutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu dalam pencatatan dan proses pengolahan data pasien.

Hasil dari penelitian ini adalah sudah dibuatnya sebuah sistem informasi pendaftaran, penyeleksian calon pasien dan proses pencatatan pembuatan alat bantu, ortotik dan prostetik untuk pasien difabel di Yayasan Harapanku Cirebon yang bertujuan untuk memudahkan calon pasien yang ingin mendapatkan pelayanan dan memudahkan pengurus Yayasan Harapanku Cirebon dalam mengelola data pasien.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Difabel, Ortotik, Prostetik

Downloads

Published

2022-10-08

How to Cite

Ridho Taufiq Subagio, Kusnadi, K., Petrus Sokibi, Rifqi Fahrudin, Amroni, A., & Ahmad Nurohim. (2022). Sosialisasi Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran, Penyeleksian Calon Pasien dan Proses Pencatatan Pembuatan Alat Bantu, Ortotik dan Prostetik untuk Pasien Difabel di Yayasan Harapanku Cirebon. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(2). Retrieved from https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>