PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Taufan Hunneman Universitas Catur Insan Cendekia
  • Dewi Anggun Universitas Catur Insan Cendekia
  • Yuni Awalaturrohmah Universitas Catur Insan Cendekia

Keywords:

Authentic, Penilaian, Siswa, Holistik, Guru

Abstract

Authentic assessment merupakan bentuk asesmen yang dapat mengukur kemampua siswa secara holistik, namun tidak semua guru di SDN 12 Kota Cirebon mampu mengembangkannya. Oleh karena itu, perlu untuk berusaha. Salah satunya melalui kegiatan pelatihan intensif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan program kemitraan kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan penilaian autentik dalam pembelajaran di SDN 12 Kota Cirebon. Prosedur yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap persiapan peralatan pelatihan, pelaksanaan pelatihan, dan tahap refleksi. Kegiatan pelatihan yang telah dilakukan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam melakukan berbagai bentuk penilaian autentik.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Hunneman, T., Anggun, D., & Awalaturrohmah, Y. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN AUTHENTIC ASSESMENT DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(3). Retrieved from https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/60