PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI STRATEGI DIGITAL MARKETING BAGI INDUSTRI SEPATU SANDAL S3SHOP
Keywords:
Media Sosial, pemasaran, Digital, MarketingAbstract
Era digital telah mengubah cara pandang pemasaran secara signifikan, mendorong perusahaan sepatu sandal seperti S3Shop untuk menciptakan strategi pemasaran digital yang inovatif danĀ kreatif, tidak hanya mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen, namun juga membuka peluang baru untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi langsung terhadap aktivitas media sosial perusahaan sendal sepatu S3shop, sehingga memungkinkan pemahaman menyeluruh tentang penerapan dan dampak strategi pemasaran digital serta menggali pengalaman lebih dalam tentang motivasi di baliknya. Strategi yang dipilih dan bagaimana strategi tersebut diadaptasi dari waktu ke waktu berdasarkan respons konsumen. Hasil pembelajaran mengungkapkan bahwa penerapan media sosial dan e-commerce dalam strategi pemasaran digital S3Shop memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan brand awareness yang tercermin melalui pertumbuhan jumlah pengikut di berbagai platform media sosial, peningkatan interaksi dengan pelanggan. Serta peningkatan frekuensi penyebutan merek, pendekatan ini dapat memperkuat kehadiran digital merek S3shop, tidak hanya meningkatkan visibilitas merek, tetapi juga membangun komunitas online yang aktif dan menciptakan loyalitas yang tinggi, yang dapat mendorong penjualan dan menciptakan nilai merek S3shop. Strategi ini juga memungkinkan S3Shop memanfaatkan analisis data untuk lebih memahami kebutuhan konsumen, menyesuaikan penawaran produk, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran mereka.