MANAJEMEN USAHA DAN PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI KUE BASAH PADA USAHA DARMA WANITA CIREBON

Authors

  • Sudadi Pranata Universitas Catur Insan Cendekia
  • Aditya Kurniawan Chandra Universitas Catur Insan Cendekia
  • Wiwiek Nurkomala Dewi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Petrus Sokibi Universitas Catur Insan Cendekia

Keywords:

Usaha, Kemasan, Home Industri, Manajemen

Abstract

Bisnis kue basah selama ini sangat menjanjikan bagi yang menggelutinya, pasalnya kue jenis ini merupakan camilan yang enak dan mengenyangkan. Selain dua faktor tadi, kue basah juga memiliki banyak peminat dari segala macam usia dan berbagai macam kalangan. Jika melihat kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah cukup banyak. Dengan inovasi rasa yang lebih enak, ukuran yang cantik dan menarik, harga yang ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis dengan memberikan kemasan dan label yang menarik juga sehingga produk yang mitra miliki mampu bersaing dan laku dipasaran. Dengan usaha kue basah (sosis solo, risoles, pastel, lemper, dan martabak mini) Home Industri Kue Basah Kelompok Usaha Darma Wanita Cirebon yang sudah memiliki pelanggan tetap maka akan menambah pemasarannya dengan membuat kemasan dan label yang menarik untuk mencari pasar dan bahkan agen yang mau menjualnya, sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha kue basah ini. Permasalahan yang dihadapi adalah (1) belum maksimalnya manajemen wirausaha yang dilakukan (2) belum diberikan kemasan yang baik pada produk kue basah yang dipasarkan dan (3) belum diberikan labelling untuk mengenalkan produknya. Tahapan pelaksanaan pengabdian yang sudah dilakukan sampai saat ini adalah pada tahapan: membantu dalam hal kemasan dengan memberikan bantuan berupa alat untuk merekatkan kemasan yang siap dipasarkan agar terlihat rapi, yakni berupa 2 unit impulse sealer (Ukuran besar dan Ukuran Kecil).; membantu membuatkan label yang menarik pada kemasan dengan mengganti label yang lama; membantu melakukan promosi dengan memasang banner kecil di depan rumah Mitra . Hasil yang diharapkan pada tahap ini adalah meningkatnya jumlah pembeli / customer dari mitra kami yakni Home Industri Kue Basah Kelompok Usaha Darma Wanita Cirebon . Pada tahapan selanjutnya adalah E valuasi hasil pendampingan manajemen wirausaha, pembuatan kemasan dan labelling.

Downloads

Published

2023-03-01

How to Cite

Pranata, S., Kurniawan Chandra, A., Nurkomala Dewi, W., & Sokibi, P. (2023). MANAJEMEN USAHA DAN PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI KUE BASAH PADA USAHA DARMA WANITA CIREBON. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(3). Retrieved from https://jpucic.id/index.php/jpucic/article/view/63

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3