SOSIALISASI PENETAPAN HPP DAN HARGA JUAL PRODUK PADA KELOMPOK UMKM DI DESA MUNDU KABUPATEN CIREBON
Keywords:
Harga Pokok Penjualan HPP, Harga Jual Produk, UMKMAbstract
Kurangnya pengetahuan pelaku UMKM dalam aspek keuangan menjadi masalah yang cukup berpengaruh bagi perkembangan kualitas dan kemajuan UMKM di Indonesia, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan dalam menetapkan HPP dan harga jual produk. Permasalahan tersebut juga dialami oleh kelompok UMKM di Desa Mundu, Kabupaten Cirebon. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, sebagian besar pelaku UMKM di Desa Mundu, Kabupaten Cirebon, masih menggunakan metode tradisional dalam pengelolaan keuangannya dan cenderung mengandalkan insting serta pengalaman pribadi dalam menetapkan harga jual produk. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan, khususnya dalam menetapkan HPP dan harga jual produk, sehingga mereka dapat memaksimalkan profitabilitas usahanya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode studi kasus dan pendampingan langsung kepada kelompok UMKM Desa Mundu dalam menghitung HPP dan harga jual produknya. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman kelompok UMKM Desa Mundu mengenai penetapan HPP dan harga jual produk yang tepat.