KEGIATAN EDUKASI DAN PRAKTIK AKUAPONIK UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL DAN KEMANDIRIAN ANAK-ANAK PENYANDANG DISABILITAS
Keywords:
Akuaponik, Penyandang Disabilitas, Life Skill, EdukasiAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat tentang Kegiatan Sosial Edukasi Anak-Anak Penyandang Disabilitas Pada Griya Karya Harapanku dalam Program "Peningkatan Life Skill Melalui Akuaponik" oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia. Peningkatan kualitas hidup anak-anak penyandang disabilitas adalah suatu isu penting dalam masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian serius. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia dengan tujuan untuk memberikan pelatihan life skill kepada anak-anak penyandang disabilitas melalui metode akuaponik. Griya Karya Harapanku menjadi lokasi implementasi program ini. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan hidup anak-anak penyandang disabilitas melalui pendekatan yang inovatif. Metode akuaponik dipilih karena memberikan kesempatan bagi anak- anak ini untuk belajar tentang pertanian dan pemeliharaan ikan, sambil juga memperoleh keterampilan sosial, kognitif, dan fisik yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Program ini telah melibatkan komunitas sekitar sebagai relawan dan pendukung, yang secara aktif terlibat dalam menjalankan program ini. Hasil awal dari program ini menunjukkan peningkatan keterampilan hidup anak-anak penyandang disabilitas, termasuk keterampilan komunikasi, keterampilan kerja tim, dan keterampilan dalam merawat akuaponik. Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan contoh nyata dari kontribusi universitas dalam meningkatkan kualitas hidup anak-anak penyandang disabilitas dan mendorong inklusi sosial.